Filosofi Pengobatan Tradisional Tiongkok !


Akupunktur

Seorang pasien sedang melakukan perawatan akupunktur untuk menghilangkan lingkar hitam di matanya. (CHINA PHOTOS/GETTY)



Setiap orang ingin merasa nyaman, kuat, dan sehat. Banyak orang mencari pendekatan holistic dan metode yang lebih ringan untuk merawat penyakit mereka. Oleh karena itu, metode pengobatan Tiongkok telah tersebar luas dan kini mendapatkan kedudukan yang kuat di seluruh dunia.

Yin dan Yang di alam dan kosmos

Metode pengobatan Tiongkok telah memiliki sejarah ribuan tahun. Akarnya dapat ditelusuri secara kasar kira-kira 10,000 tahun lalu. Dari awal, dia telah mengambil pendekatan yang berbeda dari metode pengobatan modern Barat.

Ahli filsafat Tiongkok kuno, melalui pengamatan yang mendetail atas fenomena alam dan alam semesta, mengenali keberadaan atas dua kekuatan yang berlawanan-yin dan yang. Dua kekuatan ini bekerja secara berkebalikan, namun mereka saling melengkapi dan saling bergantung.

Filosofi asli Tiongkok ini menetapkan Teori Yin dan Yang sebagai dasar hukum alam semesta. Yin dan yang dapat dilihat di seluruh aspek alam, termasuk masyarakat manusia. Tanpa keberadaan keburukan, tidak akan ada kebaikan; tanpa kebencian, tidak akan ada cinta. Yin dan yang juga dikenali pada hukum polaritas (The Law of Polarity, segala sesuatu memiliki pasangan ekstrimnya) siang dan malam, panas dan dingin, pria dan wanita, kemenangan dan kekalahan, dan seterusnya.

Dongeng Tiongkok kuno

"Alkisah seorang suami memiliki wanita simpanan. Si isteri tidak dapat memahami, sebab dia jauh lebih cantik dibanding dengan wanita simpanan sang suami dan dia juga selalu penuh perhatian dan baik pada suaminya. Mengapa suaminya masih mengkhianatinya?

Lantas dia menemui seorang laki-laki bijak untuk meminta nasehatnya. Orang bijak memintanya untuk berhenti merias diri untuk mempercantik dirinya dan kembali menemuinya 1 bulan kemudian. Si istri menuruti nasehat orang bijak tersebut, dan kembali dalam satu bulan.

Kali ini orang bijak menasehati, "Sekarang mulailah mempercantik diri Anda kembali, namun batasi jarak Anda dengan suami."

Selama satu bulan pertama, sang suami sering menertawakan isterinya sebab dia tidak menghiraukan dirinya sendiri. Kemudian ketika si isteri nampak cantik kembali, sang suami tidak habis pikir mengapa dia telah mengkhianati isterinya yang menarik itu."

Bagaimana sang isteri mampu merebut kembali suaminya? Menurut teori Yin-Yang, kesempurnaan yang terus-menerus dari seorang wanita hanya diwakili salah satu dari kedua belah sisinya. Keseimbangan diperlukan untuk membangunkan kembali ketertarikan sang suami. Tidak ada satu pun dari kedua aspek tersebut yang dapat berdiri sendiri. (Dikutip dari buku "Chinese Medicine Compendium," Ost Zhou, Penerbit).

Lima elemen

Bentuk filosofi Tiongkok kuno lain adalah teori lima elemen. Teori ini menetapkan bahwa semua hal di alam semesta ini terbentuk dari lima elemen yaitu metal, kayu, air, api, dan bumi, masing-masing saling berhubungan satu sama lain.

Karena tubuh manusia dalam alam semesta yang maha besar ini sendiri dipandang sebagai "alam semesta kecil" bentuk filosofis ini juga diberlakukan bagi manusia.

Menurut teori medis Tiongkok, semua fungsi jasmani kita dikendalikan dan dikelola melalui suatu energi vital yang disebut "qi" Qi ini bukannya mengalir tanpa tujuan di seluruh tubuh kita, tetapi melalui jalur sepanjang terowongan-yang disebut "meridian" Kekuatan yin dan yang juga memiliki efek pada aliran energi yang terbentuk.

Sistem meridian dan aliran energi yang terganggu

Jika keseimbangan antara yin dan yang tidak terjadi, hal ini dapat mendorong ke arah gangguan serius dari energi yang mengalir dalam sistem meridian. Hal tersebut dapat menyebabkan baik kekurangan maupun kelebihan qi dalam organ tubuh atau dalam sistem tubuh tertentu.

Kekurangan atau kelebihan qi ini dapat mengarah ke timbulnya suatu penyakit, sebab tubuh dalam keadaan tidak seimbang. Ada ketidakseimbangan kronis yang lebih lemah namun memiliki konsekuensi yang panjang. Ketidakseimbangan akut termanifestasi pada penyakit seperti radang atau demam. Banyak bentuk ketidakseimbangan kompleks lain yang juga dapat terjadi.

Oleh karena itu, tujuan dari setiap metode pengobatan, baik itu akupunktur, acupressure, moxibustion (pembakaran substansi tertentu di kulit yang menjadi titik akupunktur dengan menggunakan semacam "cerutu" aromaterapi), pemijatan, terapi herbal, diet, atau latihan qigong, adalah untuk membangun kembali aliran dari energi vital ini (qi) untuk mengembalikan harmoni (keselarasan) dan keseimbangan dalam tubuh. Ini juga meliputi membangun kembali keseimbangan dinamis atas yin dan yang serta lima elemen.

Riset ilmiah

Selama satu abad terakhir ini, para ilmuwan di seluruh dunia telah mencari pemahaman mengenai mekanisme akupunktur. Namun dalam pemikiran ilmu pengetahuan barat, hanya berbagai hal yang dapat dibuktikan melalui pengukuran dan duplikasi sajalah yang dapat diterima. Titik-titik dasar untuk ilmu pengetahuan Tiongkok kuno dan ilmu pengetahuan Barat moderen tidak akan mungkin dapat lebih berbeda lagi.

Banyak penelitian telah dikerjakan untuk menemukan bukti-bukti ilmiah mengenai keberadaan titik-titik akupunktur, meridian, dan mekanisme yang berhubungan.

Dr. Jean-Claude Darras dari Necker Hospital di Paris, menggunakan radionuklida (atau radioisotop, isotop dari zat radioaktif yang mampu memancarkan radiasi) untuk membuktikan keberadaan meridian.

Dia menyuntik sejumlah babi guinea dengan unsur radioaktif ini melalui titik-titik akupunktur tertentu. Dengan bantuan kamera sintilasi (instrumen yang ditemukan oleh Hal Anger untuk merekam distribusi pemancar radiasi gamma di dalam tubuh, alat itu dapat mendeteksi radiasi yang datang pada muka kamera yang berdiameter 25 - 52,5 cm), dia bisa mengikuti pergerakan radionuklida di sepanjang meridian. Di kelompok pengontrol, substansi tersebut disuntikkan melalui titik netral kulit. Tidak ada migrasi pada substansi yang dapat terdeteksi di kelompok pengontrol.

Prof. Popp, Dr. Schlebusch, dan Dr. Maric-Oehler mengadakan percobaan dengan kamera infra merah. Mereka memanaskan bagian-bagian tertentu pada tubuh dengan membakar cerutu moxa (moxa juga disebut mugwort, ramuan ini sering digulung ke dalam bentuk seperti cerutu) untuk melihat barangkali arah meridian akan nampak. Melalui foto inframerah, mereka dapat menunjukkan temperatur yang me-ningkat di sepanjang seluruh meridian yang ditargetkan. Hasilnya sesuai dengan deskripsi meridian Tiongkok kuno 5,000 tahun lalu.

Potensi titik-titik akupunktur

The Institute for Experimental and Clinical Medicine di Novosibirsk menunjukkan bahwa titik-titik akupunktur itu berfungsi sebagai semacam "gerbang cahaya." Hanya melalui titik-titik akupunktur yang dapat menerangi penembusan titik-titik ke dalam tubuh manusia dan juga dapat membuat tubuh tidak sadarkan diri.

Riset di University of Pyong-yang di Korea Utara pada 1970-an mengungkapkan bahwa potensi elektrik dari titik-titik akupunktur dan meridian berbeda dengan bagian lain dari kulit.

Para ilmuwan juga mampu membuktikan bahwa efek jarum akupunktur dapat menghalangi transmisi sinyal rasa sakit pada sumsum tulang belakang. Ketika jarum dimasukkan, endorfin (residu asam amino ß-lipotropin yang mengikat opium receptors dalam berbagai bidang otak dan mempunyai efek analgesik ampuh) otak meningkat, dan para pengirim sinyal (narkotika dan neurotransmitters alami tubuh) kemudian didistribusikan. Tugasnya untuk menghalangi pemicu rasa sakit utama dan bahkan dapat sepenuhnya memecahkannya.

Penerapan yang masuk akal

Terkecuali penyakit gawat yang dapat mengancam hidup, yang sampai memerlukan pembedahan, hampir tidak ada pembatasan atas penggunaan pengobatan Tiongkok. Ini khususnya berlaku untuk terapi herbal.

Berdasarkan diskripsi dari banyak pasien, beberapa macam penyakit berikut diterima dengan baik terutama ketika menggunakan pengobatan herbal Tiongkok: sakit kepala, migren, sakit saraf, kelelahan, sakit tulang belakang dan sendi, alergi, asma bronkial (suatu penyakit paru yang ditandai dengan penyempitan menyeluruh saluran napas, banyak dikenal dengan istilah bengek, asma, mengi, ampek, sasak angok, dan berbagai istilah lokal lainnya), dan kelainan pencernaan.

Dokter Tiongkok ternama menguasai kemampuan khusus

Bagaimana mungkin sistem kuno ini dapat dipahami dengan begitu tepat? Tulisan pertama tentang akupunktur yang telah didokumentasikan ditemukan di "Neijing: The Book of the Yellow Emperor" yang ditulis 2,500 tahun SM.

Bahkan sampai hari ini tulisan itu dianggap sebagai acuan standar untuk pemahaman Akupunktur Tiongkok.

Bagaimana seorang tenaga ahli medis Tiongkok kuno mampu memahami dan mendokumentasikan sistem meridian yang kompleks dan relevan dengan titik-titik akupunktur?

Sumber artikel

Stumble This Fav This With Technorati Add To Del.icio.us Digg This Add To Reddit Add To Facebook Add To Yahoo
 
Add to Technorati Favorites Science Blogs - BlogCatalog Blog Directory TopOfBlogs Personal My Zimbio

eXTReMe Tracker