Manchester City Lolos Ke babak 16 besar Liga Europa



Manchester City memastikan diri melaju ke babak 16 besar Liga Europa setelah berhasil mengalahkan Porto 4-0 (agregat 6-1) dalam laga leg kedua babak 32 besar Liga Europa di Etihad Stadium, Rabu (22/2/2012) waktu setempat atau Kamis (23/2/2012) dini hari WIB. Gol kemenangan City dicetak oleh penyerang Sergio Aguero, Edin Dzeko, David Silva, dan David Pizarro.

Di babak 16 besar yang akan berlangsung pada Kamis (8/3/2012) mendatang, City akan bertemu pemenang laga Legia Warsawa dan Sporting Lisbon. Pada leg pertama, kedua klub tersebut bermain imbang 2-2.

Bermain di hadapan publiknya sendiri, City menciptakan gol cepat melalui Aguero pada detik ke-33. Gol itu berawal dari aksi Yaya Toure yang memotong umpan pemain belakang Porto dan memberikan umpan terobosan kepada Aguero. Tanpa ampun Aguero kemudian melepaskan tendangan keras ke arah kanan gawang yang tak mampu diantisipasi kiper Helton.

Porto sendiri bukan tanpa serangan. Dikejutkan dengan gol cepat, pasukan Vítor Pereira tersebut beberapa kali menciptakan peluang pada pertengahan babak pertama. Pada menit ke-17, penyerang Silvestre Varela mendapatkan peluang emas setelah mampu lolos dari jebakan offside barisan belakang City. Akan tetapi, tendangannya mampu diantisipasi dengan baik oleh kiper Joe Hart.

Sepanjang babak pertama, kedua tim bermain saling menyerang. Pada menit ke-29, Aguero kembali mendapatkan peluang emas. Namun, meski sudah mampu mengelabui kiper Helton yang sudah keluar kandang, tendangan lambung Aguero hanya membentur mistar gawang yang sudah kosong.

Satu menit berselang giliran Porto mengancam gawang City melalui Hulk pada menit ke-30. Sayang, tendangan keras pemain asal Brasil tersebut ke arah gawang City mampu dihalau cukup baik oleh bek Joleon Lescott. Akhirnya, hingga turun minum, skor 1-0 bertahan untuk keunggulan City.

Memasuki babak kedua, Porto mengambil inisiatif menyerang. Kombinasi James Rodriguez, Joao Moutinho, dan Hulk berkali-kali merepotkan barisan pertahanan City. Pada menit ke-57, Porto berhasil menceploskan bola ke gawang Hart melalui Rodriguez. Akan tetapi, gol tersebut dianulir hakim garis karena terlebih dulu mengenai kaki Hulk yang berada di posisi offside.

Keasyikan menyerang membuat konsentrasi lini pertahanan Porto berkurang. Hal itu akhirnya mampu dimanfaatkan City untuk mencetak gol keduanya melalui Dzeko. Ia berhasil lolos dari perangkap offside, dan mampu memaksimalkan umpan terobosan dari Aguero dengan tendangan kerasnya ke arah gawang. Bek Rolando yang merasa Dzeko berada di posisi offside harus menerima kartu kuning kedua karena memprotes keputusan wasit.

Bermain dengan lawan yang hanya bermain dengan 10 orang membuat City mengambil penuh permainan. City akhirnya mampu menambah dua gol melalui Silva pada menit ke-84 dan Pizarro pada menit ke-86. Hingga menit akhir babak kedua, "The Citizen" terus menyerang pertahanan Porto. Tetapi, skor 4-0 tidak berubah hingga peluit panjang dibunyikan.

Susunan pemain

Manchester City: Joe Hart, Joleon Lescott, Vincent Kompany, Gaël Clichy, Micah Richards, Gareth Barry (James Milner 58), Nigel De Jong, Samir Nasri (Edin Dzeko 69), David Silva, Yaya Touré, Sergio Agüero (David Pizarro 80)

Porto: Helton, Nicolás Otamendi (Cristian Rodriguez 63), Maicon, Rolando, Alex Sandro, João Moutinho, Lucho González, James Rodriguez, Fernando, Silvestre Varela (Cristian Sapunaru 63), Hulk

Wasit: Wolfgang Stark

Stumble This Fav This With Technorati Add To Del.icio.us Digg This Add To Reddit Add To Facebook Add To Yahoo
 
Add to Technorati Favorites Science Blogs - BlogCatalog Blog Directory TopOfBlogs Personal My Zimbio

eXTReMe Tracker