Penemuan Lubang Terbesar di Alam Semesta


black hole
WASHINGTON—Ada sebuah lubang raksasa di Alam semesta yang sama sekali tidak memiliki galaksi, bintang maupun benda-benda angkasa lain, kata para astronom pada hari Kamis lalu.

Tim peneliti dari Universitas Minnesota mengatakan kehampaannya hampir mendekati miliaran tahun cahaya dan mereka tidak dapat mengetahui mengapa lubang itu berada di sana.

“Tidak hanya tak seorangpun yang pernah menemukan kehampaan sedemikian besar, namun kami bahkan tidak pernah menduga dapat menemukan lubang yang sebesar ini,” kata Lawrence Rudnick, seorang professor astronomi.

Rudnick dan koleganya, Shea Brown dan Liliya Williams mengatakan mereka sedang meneliti sebuah titik beku menggunakan satelit pemeriksa Wilkinson Microwave Anisotropy, dan menemukan lubang raksasa tersebut.

“Kami sudah mengetahui ada sesuatu yang berbeda mengenai titik ini di angkasa,”kata Rudnick. Daerah ini diketahui menjadi semakin lebih dingin dalam sebuah survei Cosmic Microwave Background.

“Apa yang kami temukan tidaklah normal, baik menurut strudi observasi maupun stimulasi computer pada evolusi Alam semesta skala besar, “kata Williams dalam sebuah pernyataan.

Para astronom mengatakan bahwa daerah tersebut bahkan terlihat tidak memiliki benda-benda angkasa, walaupun tidak dapat dilihat secara langsung, namun biasanya terdeteksi dengan mengukur kekuatan gravitasinya.

Kehampaannya berada di daerah langit pada konstelasi Eridanus, sebelah barat daya Orion.

Stumble This Fav This With Technorati Add To Del.icio.us Digg This Add To Reddit Add To Facebook Add To Yahoo
 
Add to Technorati Favorites Science Blogs - BlogCatalog Blog Directory TopOfBlogs Personal My Zimbio

eXTReMe Tracker